Wednesday, November 24, 2010

India Dukung Hak Iran Untuk Gunakan Energi Nuklir

Antara - Rabu, 24 November

Iran (ANTARA/MEHR-OANA) - Menteri Luar Negeri India Nirupama Rao pada Minggu menegaskan bahwa India mendukung hak Iran untuk menggunakan energi nuklir secara damai, sekaligus menyatakan bahwa Teluk Persia adalah mitra alami India, menurut laporan Times of India.

"Sikap India terhadap isu nuklir Teheran tetap konsisten, kami mendukung hak semua negara, termasuk Iran, untuk menggunakan energi nuklir secara damai dan bertanggung jawab kepada internasional," kata Rao dalam konferensi Dewan Hubungan Dunia India (ICWA) bertema "Dewan Kerja Sama India dan negara Teluk, Iran dan Irak : Perspektif Keamanan Berkembang".

Sekitar 100 delegasi dari India dan wilayah Teluk Persia tersebut berpartisipasi dalam konferensi selama dua hari yang dibuka oleh Wakil Presiden India Hamid Ansari.

Iran dan negara kuat dunia (P5+1) akan melanjutkan pembicaraan mengenai program nuklir Iran pada 5 Desember, tetapi kedua pihak belum menyetujui tempat dan agenda acaranya.

Pembicaraan tersebut bertujuan untuk menenangkan kecemasan Barat terhadap aktivitas Iran yang diduga menutupi senjata nuklir dengan menyamarkan sebagai program sipil, tuduhan yang telah berulang kali disangkal oleh Teheran.

Pembicaraan terdahulu terpotong setelah Iran pada Oktober 2009 menolak proposal oleh kekuatan dunia untuk menukarkan bahan bakar nuklir.

Komunitas internasional sejak itu menaikkan tindakan ekonomi dan politik terhadap Iran, dan Dewan Keamanan pada Juni memberlakukan sanksi PBB keempat pada Teheran.

No comments:

Post a Comment