Monday, May 2, 2011

Spectaculer View From Earth

1. The Sombrero Galaxy
Galaksi Sombrero (juga dikenal sebagai M104 atau NGC 4594) adalah sebuah galaksi spiral di konstelasi Virgo. M104 adalah galaksi utama dalam kelompok galaksi M104. Dari Bumi galaksi ini tampak seperti topi sombrero. Ditemukan pada akhir tahun 1700-an, kemungkinan besar oleh Pierre Méchain, yang menyebutnya sebagai penemuan pada sebuah surat tertanggal 6 Mei 1783. Secara terpisah M104 juga ditemukan oleh William Herschel pada 9 Mei 1784.



2. The Ant Nebula
Mz 3 (Menzel 3) merupakan planetary nebula bipolar muda dalam konstelasi Norma yang terdiri dari inti cerah yang memiliki arus kecepatan tinggi yang berbeda dengan nama Lobus, Kolom, Sinar, dan Cakram.



3. Nebula NGC 2392
Galaksi ini ditemukan oleh astromer Jerman, William Herschel pada tahun 1787. Planet ini berada di konstelasi Gemini dan berjarak 2870 tahun cahaya dari bumi. Galaksi ini dapat d amati dari bumi dengan menggunakan teleskop biasa. Bentuk galaksi mirip wajah badut yang memakai parka, sehingga juga dikenal dengan Clownface Nebula.



4. Cat's Eye Nebula
Cat's Eye Nebula (NGC 6543) adalah nebula pada rasi bintang Draco. Struktur nebula ini merupakan salah satu struktur nebula paling kompleks yang pernah diketahui. Nebula ini ditemukan oleh William Herschel pada tanggal 15 Februari 1786.



5. The Hourglass Nebula
Hourglas Nebula (juga dikenal sebagai MyCn 18) berada 8000 tahun cahaya dari bumi, bedara di konstalasi Muca. Ditemukan oleh Annie Jump Cannon dan Margaret W. Mayall yang pada saat itu masih dianggap sebagai planet baru di Nebula. Seiring dengan kemajuan teleskop bumi, penemuan baru dikemukakan oleh Raghvendra Sahai dan John Trauger dari Jet Propulsopm Laboratory pada tahun 1996. Galaksi ini diduga berkembang dari angin dan awan yang perlahan-lahan berkembang dan memadat.

No comments:

Post a Comment