Tuesday, October 5, 2010

Doppelgaenger

Doppelgaenger adalah kata yang berasal dari bahasa Jerman, yaitu doppel (ganda) dan Gaenger (pejalan).
Doppelgaenger bukanlah suatu bayangan. Mereka biasanya terlihat oleh orang itu sendiri, karena Doppelgaenger merupakan sebuah pantulan. Doppelgaenger orang tersebut akan memberi nasihat seputar masa depan orang yang melihatnya. Biasanya, orang yang melihat Doppelgaenger akan mati beberapa tahun setelah ia didatangi oleh Doppelgaenger.
Doppelgaenger pernah dialami oleh beberapa orang penting, diantaranya Abraham Lincoln dan John Fitzgerald Kennedy. Mereka pun meninggal dunia setelah melihat Doppelgaenger beberapa tahun terakhir.
Doppelganger adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sosok hantu yang sangat mirip dengan seseorang, akan tetapi sering digambarkan sebagai sosok kembaran jahatnya. Doppelganger atau biasa ditulis sebagai doppelgaenger, berasal dari bahasa jerman dari kata doppel (ganda) dan gaenger (pejalan). Doppelganger biasanya terlihat oleh orang itu sendri dalam wujud nyata dan bukan refleksi. Para doppelganger biasanya memberikan nasihat atau saran seputar dengannya. Jika seseorang melihat atau didatangi oleh doppelganger nya sendiri, biasanya orang itu akan mati dalam waktu dekat.

Refleksi jadi ciri utama untuk membedakan manusia asli dengan doppelganger, dimana si kembaran palsu biasanya digambarkan tidak memiliki pantulan dicermin atau air. Para doppelganger biasanya memberikan saran atau nasihat pada orang yang ditirunya tapi berupa arahan yang sesat. Mereka juga bisa menciptakan ide dan menyalurkan pada korban atau kerabat orang yang ditiru dengan tujuan untuk membuat mereka binggung. Dalam beberapa kasus, orang yang melihat kembaran mistisnya sendiri (meski sekali saja) maka ia akan terus dihantui oleh sosok tersebut. Kejadian melihat doppelganger juga biasa diartikan sebagai pertanda buruk. Jika yang melihat doppleganger adalah kerabat atau teman maka itu merupakan pertanda bahwa orang yang ditirunya akan menderita sakit atau terancam bahaya. Jika orang melihat doppelganger -nya sendiri, itu adalah pertanda bahwa ia akan mati dalam waktu dekat. Pasalnya, doppelganger dikenal sering membawa halburuk dan berkomunikasi dengan mereka merupakan tindakan nekat!
Pada bulan september 2006 dilaporkan bahwa Shanar Arzy dan beberapa rekannya dari University Hospital, Geneva, Switzerland, telah menemukan penyebab fanomena Doppelgänger dengan jalan menstimulasi otak pasien dengan gelombang elektromagnetik, Ia mengaplikasikan stimulasi elektris pada bagian cabang otak temporoparietal seblah kiri kepada seorang pasien wanita yang diminta untuk berbaring. Si pasien merasakan kehadiran orang lain di exrapersonal space. tidak seperti penderita epilepsi yang memang banyak dirawat di tempat tersebutm pasien wanita tersebut betul-betul sehat. Kembarannya itu digambarkan si pasien memiliki tampilan lebih muda , tidak jelas laki-laki atau perempuan, tidak bergerak , dengan postur tubuh mirip dengan dirinya. Orang itu berada tepat di belakangnya, bahkan hampir menyentuh dirinya !! Stimulasi elektris kedua diaplikasikan dengan tingkat intensitas yang lebih tinggi dimana posisi pasien tetap berbaring dengan tangan diikat. Kali ini pasien marasakan kehadiran seorang pria yang memegang tangannya erat-erat!! terakhir, dalam posisi duduk, stimulasi elektris kembali dilakukan si pasien diminta untuk menyelesaikan serangkaian tes bahasa  dengan satu set kartu. Si pasien merasakan kehadiran orang lain yang duduk di belakangnya dan meminta dirinya untuk tidak membaca !!
meyimpulkan bahwa ketika bagian cabang temporoparietal terganggu maka sensasi kehadiran orang lain yang serupa dengan si penderita akan muncul. Ia memaparkan bahwa fenomena Doppelgänger dapat dipicu oleh kelainan mental seperti Shizophrenia, yang berkelanjutan dengan paranoia dan delusi. Singkatnya fenomema Doppelgängers ,umgkin disebabkan oleh adanya gangguan pada cabang temporoparietal sebelah kiri.

No comments:

Post a Comment