Friday, January 29, 2010

Obama Yakin Akan Keberhasilan AS Dalam Perang Afghanistan & Al Qaeda

detikcom
detikcom - Kamis, 28 Januari

Presiden AS Barack Obama yakin akan keberhasilan AS dalam perang Afghanistan dan perang melawan jaringan teroris Al Qaeda. Obama juga mengatakan bahwa dirinya menepati janji kampanyenya untuk mengakhiri perang di Irak dengan menarik pasukan tempur AS dari negeri itu pada akhir Agustus mendatang.

Hal itu disampaikan Obama dalam pidato kenegaraan tahunan Obama di depan anggota Kongres AS di Gedung Capitol Hill, seperti dilansir kantor berita Reuters, Kamis (28/1/2010).

"Pada setahun terakhir, ratusan pejuang Al Qaeda dan afiliasi, termasuk banyak pemimpin senior, telah ditangkap atau terbunuh -- jauh lebih banyak daripada tahun 2008," kata Obama.

"Di Afghanistan, kita meningkatkan pasukan kita dan melatih Pasukan Keamanan Afghan supaya mereka bisa mulai memimpin pada Juli 2011, dan pasukan kita bisa mulai pulang," ujar Obama dalam pidatonya.

Obama sebelumnya telah mengumumkan akan mengirimkan pasukan tambahan sebanyak 30 ribu prajurit ke Afghanistan. Namun Obama juga mengindikasikan bahwa pasukan akan mulai dipulangkan ke tanah air setelah 18 bulan.

Dalam pidato kenegaraannya, Obama juga berjanji akan mengakhiri perang Irak. "Sebagai kandidat, saya telah berjanji akan menghentikan perang ini, dan itulah yang saya lakukan sekarang sebagai presiden... Jangan salah: perang ini segera berakhir dan semua pasukan kita akan pulang," tutur Obama.

Ini merupakan pidato kenegaraan tahunan pertama bagi Obama sejak menjadi presiden pada 20 Januari 2009 lalu.

No comments:

Post a Comment