Tuesday, April 20, 2010

iPad Belum Siap Dipakai di Kampus

VIVAnews
By Renne R.A Kawilarang - Selasa, 20 April

VIVAnews - Sebagian publik di Amerika Serikat (AS) antusias dengan "buku pintar" keluaran Apple Inc., iPad. Namun, teknologi piranti yang baru dijual awal April tersebut belum bisa berfungsi secara optimal di berbagai tempat, salah satunya di lingkungan universitas.

Sejumlah universitas di AS, seperti dikutip LiveScience.com, mengaku bahwa jaringan internet di kampus belum siap diakses dengan iPad, yang memiliki perangkat sambungan internet nirkabel (wi-fi). Bahkan wi-fi pada iPad, bila dinyalakan, justru mengganggu kinerja jaringan komputer kampus.

Universitas Princeton di New Jersey mengaku terpaksa memblokir akses atas 20 persen dari keseluruhan pengguna iPad di kampus karena "gangguan fungsi yang bisa mempengaruhi sistem komputer kampus secara keseluruhan."

Masalahnya berada pada proses koneksi dari wi-fi iPad ke jaringan nirkabel. Dalam sebuah laporan, Princeton mengungkapkan bahwa penggunaan wi-fi pada iPad menyebabkan gangguan fungsi DHCP. Dengan kata lain, komputer tablet itu mengganggu perangkat lain yang menggunakan jaringan nirkabel universitas.

Maka, untuk mengatasi masalah tersebut, pihak Princeton untuk sementara waktu terpaksa memblokir sambungan internet untuk iPad. Namun, Princeton mengaku tengah bekerjasama dengan Apple untuk mengatasi masalah jaringan.

Universitas George Washington di Washington DC ternyata turut mengalami masalah jaringan komputer yang terkait dengan penggunaan iPad, namun tidak berhubungan dengan malfungsi DHCP.



"Sistem otentikasi kami saat ini tidak didukung oleh iPhone atau iPad," kata Guy Jones, Kepala Eksekutif Teknologi Universitas George Washington kepada TechNewsDaily.

Perangkat buatan Apple itu tidak diblokir oleh universitas, namun masalah pada otentikasi menyebabkan pengguna iPad tidak bisa mengaktifkan log-on akun internet dengan iPad atau iPhone. Pihak universitas mengungkapkan bahwa kemungkinan butuh waktu selama beberapa bulan untuk mengatasi masalah itu.

Universitas Cornell di New York juga mengantisipasi masalah pada iPad, rata-rata terkait dengan bandwith nirkabel. Masalah yang sama juga terjadi pada penggunaan iPhone. Namun Cornell tidak menemukan masalah pada DHCP.

iPad yang dijual di pasaran kini hanya mampu mengakses internet dengan wi-fi. Namun akhir bulan ini, Apple mulai memasok iPad yang bisa terhubung lewat jaringan ponsel 3G di penjuru AS. (fmn)

No comments:

Post a Comment