Thursday, April 29, 2010

Obama Datang, Afrika Selatan Siapkan Keamanan

Tempo
Tempo - Kamis, 29 April

TEMPO Interaktif , New York:Pemerintah Afrika Selatan menganggap serius pernyataan Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang ingin mengunjungi Piala Dunia 2010. Salah satu pejabat penyelenggara PD 2010 mengaku pihaknya akan mempersiapkan kedatangan orang nomor satu Abang Sam itu. Obama berjanji akan mengunjungi PD 2010 jika tim nasional AS bisa lolos ke final. Ia bertemu bos FIFA Sepp Blatter di Gedung Putih pada musim panas lalu. Petinggi Afsel mengatakan Obama telah mengatakan kepada mereka ia mungkin akan hadir jika jadwalnya memungkinkan.

»Akan indah jika hal itu terjadi. Kami dijadwalkan akan dikunjungi pelbagai kepala negara ketika menggelar PD 2010,” kata Dany Jordaan, ketua penyelenggara PD 2010 Afsel.

»Kami akan kedatangan orang-orang penting. Pemerintah akan melakukan antisipasi di bidang keamanan,” terang Jordaan.

Blatter dan Jordaan berharap mantan presiden Afsel Nelson Mandela bisa hadir. Pemenang nobel perdamaian itu jarang terlihat di depan publik akhir-akhir ini. »Tentu usia Mandela telah 91 tahun. Ini sesuatu yang harus kita lihat dan tunggu,” tegas Jordaan.

Jordaan mengaku pihaknya kesulitan dalam menganalisa ancaman dari Al-Qaidah ketika tim AS berlaga dengan Inggris pada 12 Juni. Menurutnya keaslian ancaman itu meragukan.

Sekretaris Jenderal FIFA Jerome Valcke mengatakan pada Februari, bahwa Afsel akan gagal mematok 450 ribu pendatang yang menjadi target utama penyelenggara. Menteri Pariwisata Afse Marthinus van Schalkwyk mengatakan jumlah kedatangan turis mancanegara bulan ini mencapai kurang dari 300 ribu orang.

No comments:

Post a Comment