Monday, April 12, 2010

Wartawan TV Jepang Tewas Tertembak

Liputan 6
Liputan 6 - Senin, 12 April

Liputan6.com, Bangkok: Wartawan televisi Jepang mengalami luka tembak saat meliput bentrokan antara aparat keamanan Thailand dengan massa Kaus Merah atau kelompok antipemerintah di Bangkok. Demikian dilansir NHK, Ahad (11/4).

Seorang saksi mata yang juga demonstran mengatakan, juru kamera Jepang, Hiroyuki Muramoto, tertembak saat mengambil gambar di antara aparat keamanan dengan pengunjuk rasa. Ketika petugas melepaskan tembakan, tiba-tiba Muramoto jatuh dan tergeletak di atas tanah. Sesaat kemudian kamerawan itu dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans.

Pejabat rumah sakit setempat mengatakan Muramoto tertembak di dada bagian kiri dan mengalami pendarahan hebat. Namun, nyawa wartawan Jepang itu tidak dapat diselamatkan.

Sementara di Tokyo, Kementerian Luar Negeri Jepang langsung menyesalkan insiden penembakan ke Kedutaan Besar Thailand. Sekaligus meminta pemerintah Bangkok segera menyelidiki insiden penembakan tersebut. Tuntutan senada dikeluarkan juru bicara organisasi pers international, Reporters Without Borders Organization atau RWB.

Dalam jumpa pers, Menteri Luar Negeri Thailand Kasit Piromya menyatakan prihatin mengirimkan pesan dukacita kepada Menteri Luar Negeri Jepang Katsuya Okada. Pemerintah Thailand pun berjanji menyelidiki lebih lanjut.(ANS)

No comments:

Post a Comment