Wednesday, December 30, 2009

Gol Telat Torres Bawa Liverpool Tekuk Villa

VIVAnews
By Marco Tampubolon - Rabu, 30 Desember

VIVAnews - Liverpool berhasil memetik poin penuh saat bertandang ke markas Aston Villa, dalam lanjutan Premier League, Rabu, 30 Desember 2009. Gol telat Fernando Torres membawa The Reds 1-0 atas Villa.

Hujan salju mewarnai duel Villa kontra Liverpool di Villa Park ini. Namun dinginnya udara tak membuat semangat pasukan Rafael Benitez dalam menggempur pertahanan tuan rumah kendur.

Sejak pluit babak pertama ditiup, Fernando Torres terlihat sudah mendominasi permainan. Namun sayang, serangan cepat dan taktis yang diperagakan oleh Fernando Torres cs masih sulit menembus pertahanan Villa yang dikawal duet Stephen Warnock dan Luke Young.

Pada menit ke-17, Steven Gerrard sebenarnya berhasil mendapat peluang emas usai mendapat umpan matang dari Fernando Torres. Namun tendangan first time-nya masih mampu diblok oleh kiper Villa, Brad Friedel.

The Reds tidak mengendurkan serangannya. Namun kedisiplinan barisan pertahanan tuan rumah membuat penyerang-penyerang Liverpool kembali kesulitan untuk mendekati kotak terlarang.

Sebaliknya, meski mendapat gempuran bertubi-tubi, Villa beberapa kali masih mampu membahayakan gawang Liverpool. Pada menit ke-28 Stiliyan Petrov nyaris menjebol gawang Liverpool lewat tendangan salto. Beruntung bola masih melebar di sisi kiri gawang Pepe Reina.

Dua menit berselang, giliran Stewart Downing yang membahayakan gawang The Reds. Melalui umpan sepakpojok, Downing mampu melepaskan tembakan keras dari sisi kanan pertahanan Liverpool.

Namun Reina dalam posisi yang tepat. Bola keras tersebut mampu ditepisnya untuk mempertahankan skor 0-0.

Liverpool melalui Torres kembali mengancam gawang Villa pada menit ke-35. Sayang, tandukannya memanfaatkan bola liar di depan gawang Villa masih terlalu lemah sehingga Friedel dengan mudah menjinakannya. Hingga turun minum, skor 0-0 tidak berubah.

Di babak kedua, Liverpool belum juga mengendurkan serangannya. Namun pertahanan Villa juga kali ini lebih kokoh. Tuan rumah memilih untuk menumpuk pemain di lini belakang dan memilih untuk memaksimalkan serangan balik.

Setelah melalui beberapa percobaan, Torres akhirnya berhasil menembus kotak terlarang Villa pada menit ke-58. Sayang Torres gagal memaksimalkannya.

Pemain Spanyol itu terlalu lama menahan bola dan tidak segera mengumpannya kepada Dirk Kuyt yang datang dari sisi kanan. Bola akhirnya terlepas dan berhasil direbut oleh pemain belakang Villa.

Pada menit ke-70, giliran Villa yang mengancam gawang The Reds. Lewat sebuah serangan balik, Gabriel Agbonlahor berhasil menembus jantung pertahanan Liverpool usai memenangkan duel dengan dengan Carragher.

Namun Reina kembali tampil gemilang. Dia berhasil menepis tendangan Agbonlahor sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru yang juga nyaris berujung gol bila saja tandukan John Carew tidak melebar di sisi gawang Reina.

Pada menit ke-72, Aston Villa hampir mendapat hadiah penalti setelah Emiliano Insua handsball di kotak terlarang saat menghalau bola. Namun wasit Peter Walton ternyata tidak meniup pluitnya dan tetap melanjutkan permainan.

Pertarungan sepertinya bakal berakhir imbang. Namun berawal dari kesalahan yang dilakukan barisan pertahanan Villa, Fernando Torres akhirnya sukses menjebol gawang Friedel di masa injury time usai mendapat umpan terobosan dari Yossi Benayoun. Skor 1-0 ini pun bertahan hingga pertandingan usai.

Tambahan tiga poin membuat ambisi Liverpool untuk masuk dalam big four semakin terbuka. The Reds kini berada di urutan ke-7 klasemen sementara menggusur Birmingham City dengan koleksi 33 poin dari 20 laga. Sedangkan Aston Villa masih berada di peringkat ke-5 dengan total 35 poin.

No comments:

Post a Comment