Thursday, December 31, 2009

Manchester United Pesta Gol Atas Wigan

VIVAnews
By Marco Tampubolon - Kamis, 31 Desember

VIVAnews - Manchester United memperpanjang hegemoninya atas Wigan Athletic di pentas Premier League. Bertanding di Old Trafford, Kamis, 31 Desember 2009, MU kembali mengalahkan Wigan dengan skor telak 5-0.

Ini merupakan kemenangan ke-10 MU atas Wigan. Tambahan tiga poin juga membuat MU kembali merebut posisi kedua klasemen sementara dari tangan Arsenal. Setan Merah kini mengoleksi 43 poin dari 20 laga atau dua poin di atas The Gunners.

Bertanding di kandang sendiri, Manchester United langsung mendominasi permainan sejak babak pertama. Setan Merah sudah mengancam gawang Wigan pada menit ke-3 lewat Antonio Valencia. Sayang tendangan kerasnya masih belum menemui sasaran.

Setan Merah kembali mengancam lewat striker asal Bulgaria, Dimitar Berbatov memanfaatkan umpan silang Wayne Rooney pada menit ke-15. Namun tandukan Berbatov masih terlalu lemah sehingga dengan mudah dijinakkan oleh kiper Wigan, Chris Kirkland.

MU tak mengendurkan serangannya. Sebaliknya pasukan Sir Alex Ferguson justru meningkatkan serangannya. Sederet peluang pun kembali tercipta lewat striker Wayne Rooney.

Namun peluang terbaik Rooney terjadi pada menit ke-21. Setelah lepas hadangan pemain belakang Wigan, Rooney yang menusuk dari sisi kiri mampu melepaskan tembakan keras yang gagal dijangkau Kirkland.

Namun gol tak juga tercipta karena bola masih membentur tiang gawang. Skor masih bertahan 0-0.

Pada menit ke-28 MU akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Wayne Rooney memuaskan dahaga golnya usai merobek jala Kirkland memanfaatkan umpan silang dari Rafael. Skor 1-0 untuk MU.

Tak lama berselang, MU berhasil menggandakan

kemenangannya. Memanfaatkan umpan tarik dari Antonio Valencia, Michael Carrick berhasil memaksa Kirkland untuk kembali memungut bola dari gawangnya.

Tak ingin menjadi lumbung gol, Wigan mulai memperkuat barisan pertahanannya. Pasukan Roberto Martinez praktis hanya bertumpu pada serangan balik untuk sesekali mengancam gawang MU.

Namun strategi ini tidak terbukti ampuh. Pada menit ke-44 MU kembali menambah satu gol lagi lewat Rafael. Rafael berhasil merobek jala Kirkland usai menerima umpan dari Darren Fletcher. Skor 3-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, pelatih Wsigan, Roberto Martinez memutuskan untuk mengganti kipernya, Kirkland dengan Michael Pollitt . Sayang keputusan ini tidak banyak membantu, sebab pada menit ke-50, Dimitar Berbatov sudah berhasil membobol gawang Wigan.

Berbatov mencetak gol ke-4 bagi MU usai menerima umpan silang dari gelandang Park Ji Sung.

Tiga menit kemudian, Rooney nyaris mencetak gol keduanya pada pertandingan ini. Namun tandukannya memanfaatkan umpan Berbatov masih membentur mistar gawang.

Pada menit ke-60, Wigan berhasil mengancam gawang MU lewat permainan satu-dua N'Zogbia dan Won-hee Cho. Sayang penyelesaian akhir N'Zogbia tidak sempurna. Tendangannya masih melebar meski sudah tinggal berhadapan dengan Kuszczak.

Merasa di atas angin, MU melakukan tiga pergantian sekaligus. Dimitar Berbatov ditarik keluar dan digantikan Danny Welbeck pada menit ke-68. Selanjutnya Nemanja Vidic juga diganti dengan Anderson dan terakhir Patrice Evra diganti dengan Fabio.

Meski demikian MU masih saja terlalu tangguh bagi Wigan. Buktinya, pada menit ke-75, Setan Merah kembali menambah gol lewat Antonio Valencia. Gol penutup ini tercipta lewat umpan matang Wayne Rooney. Hingga pertandingan usai, skor 5-0 tidak berubah.

Susunan Pemain

Man United: Kuszczak, Rafael Da Silva, Brown, Vidic/Anderson , Evra/Fabio , Valencia, Carrick, Fletcher, Park, Berbatov/Danny Welbeck , Rooney

Wigan: Kirkland/Michael Pollitt, Melchiot, Boyce, Bramble, Figueroa, Gomez, Thomas/Erik Edman , Cho, Scharner, N'Zogbia/Scott Sinclair, Rodallega

No comments:

Post a Comment