Monday, December 28, 2009

Mencium Gerak Klub Elit Liga Inggris

VIVAnews
By Toto Pribadi - Senin, 28 Desember

VIVAnews - Bursa transfer Januari akan segera datang. Persaingan yang semakin ketat membuat klub-klub Liga Inggris siap berburu pemain baru.

Hingga hampir paruh musim ini, lebih dari delapan klub Liga Inggris bersaing untuk masuk zona Liga Champions. Tak hanya itu, klub-klub papan bawah juga coba saling sikut untuk menghindar dari zona degradasi.

Tak heran dari klub kaya macam Manchester City hingga klub papan bawah macam Portsmouth segera berbenah mencari amunisi baru, bulan depan.

Berikut ini daftar belanja pemain yang dipersiapkan klub-klub Premier League seperti yang telah dirangkum SunSport:

1. Arsenal

Kebutuhan: Dengan absennya Robin van Persie dan Nicklas Bendtner, Arsene Wenger tentu mewajibkan klub untuk mendatangkan striker baru. Dukungan dana juga siap dikucurkan pemilik klub.

Target: Striker Wolfsburg Edin Dzeko menjadi target utama. Harganya sekira 20 juta pounds. Sebagai alternatif striker Bordeaux Marouane Chamakh juga tengah didekati.

Surplus: Bek timnas Swiss Philippe Senderos kemungkinan akan dilego ke Atletico Madrid.

2. Aston Villa

Kebutuhan: Martin O'Neill sepertinya telah puas dengan amunisinya saat ini. Namun manajer Villa ini tetap menargetkan striker baru untuk berjaga-jaga. Pemilik klub Randy Lerner juga sepertinya tengah berusaha mencari dana guna belanja pemain.

Target: O'Neill hingga saat ini masih terus mengagumi Robbie Keane. Jika Tottenham Hotspur memutuskan menjualnya pada Januari nanti, O'Neill tentu yang paling ambisius.

Surplus: Nicky Shorey dapat pergi dengan harga sesuai. Sedangkan Nigel Reo-Coker juga siap dilepas jika memang ada tawaran yang menggiurkan.

3. Chelsea

Kebutuhan: Carlo Ancelotti akan kehilangan Didier Drogba dan Salomon Kalou untuk Piala Afrika. Memanggil kembali striker mudanya Franco Di Santo (Blackburn Rovers) menjadi alternatif Carlo Ancelotti.

Target: Sergio Aguero diharapkan mampu didatangkan ke Stamford Bridge dari Atletico Madrid seharga 30 juta pounds.

Surplus: Chelsea kemungkinan tak akan melepas satu pemain pun demi untuk mengantisipasi larangan belanja pemain selama dua musim.

4. Everton

Kebutuhan: Beberapa pemain cedera memang telah kembali dan Louis Saha juga telah menandatangani kontrak baru. Penjualan Joleon Lescott ke Manchester City tentu masih memberikan jaminan Everton dapat belanja pemain pada Januari nanti.

Target: Landon Donovan kemungkinan akan dipinjam Everton dari LA Galaxy pada Januari nanti. Everton juga tengah mendekati gelandang Real Madrid Fernando Gago.

Surplus: Dengan badai cedera pemain yang tengah dihadapi, Everton kemungkinan besar tak akan menjual satu pemain pun.

5. Liverpool

Kebutuhan: Seorang striker sekelas Fernando Torres. Kiprah El Nino memang sering terganjal cedera panjang. Keuangan tentu mendukung The Reds untuk belanja pemain.

Target: Gelandang pekerja keras West Ham Scott Parker kini dalam radar Rafael Benitez. Luca Toni juga mungkin akan coba dibujuk untuk datang ke Anfield.

Surplus: Banyak pemain yang terbilang tak efektif di Liverpool. Benitez saat ini mempertimbangkan cuci gudang dengan menjual Andrea Dossena, Andriy Voronin, Philipp Degen dan Ryan Babel.

6. Manchester City

Kebutuhan: Mantan manajer Mark Hughes menghabiskan 50 juta pouns untuk memperkuat lini pertahanan. Namun kehadiran Kolo Toure, Joleon Lescott dan Wayne Bridge tak memuaskan Roberto Mancini. Dengan dukungan uang dari Sheikh Mansour, uang tentu tak lagi masalah.

Target: Bek tengah Juventus Giorgio Chiellini dan bek sayap Inter Mialn Douglas Maicon kini dalam daftar teratas. Mungkin juga dengan menunggu keajaiban John Terry bersedia bergabung.

Surplus: Manajer anyar Roberto Mancini mengaku tak ingin menjual barang satu pemain pun.

7. Manchester United

Kebutuhan: Tidak ada kata lain selain mencari bek pelapis. Sir Alex Ferguson tentu sadar jika barisan pertahanannya kini tengah bermasalah. Fergie harus mencari pelapis Rio Ferdinand. Uang penjualan Cristiano Ronaldo masih tersisa sekira 60 juta pounds.

Target: Bek Ajax Amsterdam Gregory van der Wiel, kapten West Ham Matthew Upson dan bek muda Everton Jack Rodwell kini menjadi bidikan utama.

Surplus: Dengan krisis cedera, Fergie tentu tak akan menjual satu pemain bertahan. Mungkin justru Nani dan Anderson yang kemungkinan akan didepak.

8. Tottenham Hotspur

Kebutuhan: Manajer Harry Redknapp mungkin tak terlalu bernafsu di bursa transfer Januari nanti. Terlebih klub mengaku tak akan mengucurkan dana tanpa penjualan pemain.

Target: Duo West Ham Scott Parker dan Matthew Upson kini tengah dilirik Redknapp.

Surplus: David Bentley dan Roman Pavlyuchenko sepertinya akan dilepas Redknapp. Tak hanya itu, Robbie Keane kabarnya juga akan dilego untuk memperbanyak kas Spurs.

No comments:

Post a Comment