Friday, August 14, 2009

AS Yakin 90% Pemimpin Taliban Baitullah Mehsud Tewas

detikcom
detikcom - Kamis, Agustus 13

Utusan khusus Amerika Serikat (AS) untuk Afghanistan meyakini 90 persen pemimpin Taliban, Baitullah Mehsud, tewas dalam serangan misil di Pakistan. Akibatnya muncul tanda-tanda kekacauan dalam tubuh Taliban di Pakistan.

Meskipun salah seorang anak buah Mehsud sempat membantah isu kematian tersebut dan mengatakan Mehsud masih hidup, pemerintah AS yakin Mehsud tewas dalam serangan yang dilakukan pesawat tanpa awak milik CIA, Drone, pada awal bulan ini di Waziristan Selatan.

"Inilah akhir dari Baitullah Mehsud, kita semua tahu itu, ini hal yang penting bagi kita," ujar utusan AS Richard Holbrooke menanggapi kekacauan yang terjadi dalam tubuh Taliban, seperti dilansir Reuters, Kamis (13/8/2009)

Dalam sebuah diskusi, Holbrooke bahkan mengatakan berita ini merupakan berita bagus bagi semua orang. Dan selanjutnya akan terjadi penyesuaian besar-besaran dalam tubuh kelompok Taliban di Pakistan.

"Semua orang membicarakan hal ini. Memang akan ada perbaikan dan penyesuaian nantinya (dalam tubuh kelompok Taliban Pakistan), tapi kita belum tahu apa itu," kata dia.

Sedikitnya 7 orang militan tewas saat terjadi bentrokan antara pengikut Mehsud dengan lawannya di suatu wilayah di sebelah barat laut Pakistan, Rabu (12/8/2009).

Mehsud merupakan pemimpin Pergerakan Taliban Pakistan (Tehrik-e-Taleban Pakistan), yang memiliki 13 kelompok militan dan melakukan serangkaian aksi pemboman dan bom bunuh diri di Pakistan, termasuk salah satunya yang menewaskan mantan Perdana Menteri Benazir Bhutto pada Desember 2007 lalu.

No comments:

Post a Comment