Wednesday, August 5, 2009

Bio-Data Pemain Tengah Liverpool Xabi Alonso

Antara - 05-08-2009, Rabu

Madrid (ANTARA/Reuters) - Berikut ini bio-data pemain tengah Liverpool Xabi Alonso, setelah klub Liga Utama Inggris itu setuju menjual pemain internasional Spanyol itu kepada Real Madrid, Selasa.
KELUARGA SEPAK BOLA

* Lahir 25 November 1981 di kota Basque, Tolosa.

* Ayah Alonso Periko adalah pemain terkenal di Real Sociedad yang meraih gelar kompetisi liga pada awal 1980-an dan melatih klub itu dalam waktu tidak lama.

* Abangnya Mikel Alonso adalah pemain tengah Tenerife.

* Melakukan debutnya di Real Sociedad sebagai pemain pengganti pada musim 1999-2000. Setelah disewa (loan) Eibar, mulai memperpanjang waktunya bermain dalam tim Sociedad pada Januari 2001.

TIM NASIONAL :

* Karena kepiawaiannya bermain di Real Sociedad menyebabkan ia dipanggil bermain dalam tim nasional dan membuat debut ketika Spanyol menang 4-0 atas Ekuador pad 2003. Ia bermain dalam laga internasional sebanyak 61 kali dan menciptakan lima gol.

* Pada Agustus 2004 Real Sociedad setuju menjualnya seharga 10,5 juta pound ke Liverpool. Mengawali debut di Bolton pada 29 Agustus 2004.

* Mencetak angka vital pada pertandingan final Liga Champions pada Mei 2005 ketika ia melakukan tendangan penalti melawan AC Milan dan Liverpool memimpin 3-2. Usahanya yang pertama dihentikan namun Alonso mencetak angka penentu sehingga kedudukan sama dan diadakan penambahan waktu dan tendangan penalti dan Liverpool menang.

* Alonso meneruskan permainan mengesankan pada 2005-06 danmencetak angka spektakular dari tengah lapangan ketika melawan Luton Town di putaran ketiga Piala FA sebelum melakukan hal sama ketika betemu dengan Newcastle United.

* Menolong Liverpool memenangkan Piala FA sebelum bergabung dengan tim Piala Dunia Spanyol, mencetak angka pada laga awal melawan Ukraina.

* Pada Juni 2007 Alonso menandatangani kontrak lima tahun dengan klub itu tetapi ia lebih banyak duduk di bangku cadangan karena mengalami cedera urat kaki.

* Menolong Liverpool mencapai tangga kedua pada kompetisi Liga Utama Inggris 2008-09.

Penampilan di Eropa

* MElakukan empat penampilan menarik untuk Spanyol pada kejuaraan Eropa 2008, tiga kali sebagai pemain pengganti dan menolong negaranya meraih gelar.

No comments:

Post a Comment