Sunday, August 2, 2009

Ferguson: Manchester United Akan Cetak 100 Gol

Tempo - Minggu, Agustus 2TEMPO Interaktif, Manchester - Manajer Manchester United Sir Alex Ferguson bersiap menempa para pemainnya agar bisa mencetak 100 gol musim ini di Liga Primer Inggris dan kompetisi lainnya meski sudah tak diperkuat penyerang andalannya, Cristiano Ronaldo, yang pindah ke Real Madrid.

MU mencetak 99 gol musim lalu ketika diperkuat oleh penyerang tim nasional Portugal yang dijual ke Madrid dengan harga 80 juta pound sterling itu. Ia menyumbangkan 26 gol di antaranya.

Untuk mendukung target 100 gol, Ferguson mengungkapkan timnya akan mengubah taktik. Ia menginginkan para gelandang dan bek memberikan kontribusi lebih besar buat membobol gawang lawan. "Tentu saja Cristiano adalah kehilangan besar buat kami, terutama dalam menyumbangkan koleksi gol," kata Ferguson. "Tapi kami tidak akan hanya menunggu datangnya gol dari seseorang dan taktik kami akan mendukung perubahan taktik itu. Fans kami akan melihat sedikit perbedaan dari gaya permainan sepak bola kami musim ini," pelatih asal Skotlandia itu melanjutkan.

"Biasanya Anda akan mengaitkan mencetak 100 gol di semua kompetisi. Jadi kami akan mengejar target itu lagi. Jika kami ingin memenangi liga (Primer) lagi atau tampil bagus di Eropa, kami tentu saja butuh pemain yang bisa lebih meningkatkan tekanannya kepada lawan. Kalau kita melihat beberapa tahun ke belakang, kami selalu mengandalkan gol itu datang dari Paul Scholes, Ryan Giggs, dan David Beckham, yang mencetak sekitar 10 gol dalam semusim," Ferguson menjelaskan.

Tapi, untuk musim Liga Primer 2009-2010, yang bakal berlangsung mulai 15 Agustus nanti, Ferguson menuntut tak cuma para gelandangnya yang harus bisa mencetak gol serakus rekan penyerang, tapi para beknya juga harus haus gol.

"Gol-gol itu datang dari para gelandang dalam beberapa tahun terakhir. Saya akan membuat Park (Ji-sung), Nani, (pemain baru Luis Antonio) Valencia--semuanya gelandang-- sebagaimana (Danny) Welbeck dan (Federico) Macheda memberi kontribusi 40 gol di antara mereka. Para pemain belakang juga bakal akan memberikan kontribusi untuk mencetak gol dari sejumlah skema serangan yang terancang dengan baik."

Bagaimana dengan para penyerang MU? Dalam wawancara dengan majalah Inside United, Ferguson mengatakan, "Wayne Rooney mampu mencetak 18 gol atau lebih dalam semusim dan Michael Owen bisa mendatangkan 15 gol buat kami." Jangan lupa, Ferguson masih punya Dimitar Berbatov di lini depan.

No comments:

Post a Comment