Friday, October 9, 2009

10 Gol Terbaik dari Pemain Belakang

VIVAnews
By Edwan Ruriansyah, Jufri - Jumat, Oktober 9

VIVAnews - Tidak hanya penyerang, pemain yang berkutat di jantung pertahanan juga bisa mencetak gol spektakuler melalui berbagai cara. Seorang pemain belakang juga piawai mencetak gol.

Selain menahan terjangan pemain lawan, mereka juga mempunya insting seperti striker. Sport telah merangkum 10 orang yang beroperasi sebagai bek, namun memberikan kontribusi besar bagi klub yang pernah dibelanya. BErikut gol-gol terbaik dari para pemain belakang itu.

1. Daniel Passarella

Meskipun jarang menggempur pertahanan lawan, namun bek yang juga legenda Argentina ini adalah spesialisasi bola mati. Selain piawai melesakkan si kulit bundar, ia juga trampil kala duel di udara. Tak heran, selama berseragam Albiceleste, ia mengantarkan Tim Tango dua kali juara Piala Dunia.

Mantan pemain Inter Milan itu mengoleksi 140 gol dari 447 pertandingan sepanjang karir sepakbolanya. Ditambah ia telah menyumbangkan 22 gol dari 70 laga bersama timnasnya.

2. Ronald Koeman

Mantan pemain Belanda ini selain jago mengatur pertahanan, juga tajam di depan gawang lawan. Buktinya, sepanjang sepanjang bergabung dengan tim benua Eropa, ia telah melakoni 533 laga dan torehan 193 gol. Koeman juga sering mengeksekusi tendangan bebas hingga menjadi gol.

3. Steve Bruce

Pria 48 tahun yang kini menukangi Sunderland itu juga termasuk bek produktif. Sepanjang karirnya di Britania Raya,

787 laga telah ia jalani dan menorehkan 81 gol. Ia juga menjadi bek yang mencetak gol terbanyak di daratan Inggris.

4. Roberto Carlos

Mantan pemain Real Madrid ini termasuk di dalamnya. Pemain plontos itu dikenal dengan tendangan yang keras dan terarah. Maka pantas kalau pria Brasil itu masuk dalam jajarn ini.

Meski sebagai bek, Carlos sering mengeksekusi bola mati. Ia dikenal dengan tendangan kaki kirinya yang mematikan. Mantan pemain Inter Milan itu juga pandai mengakali bagaimana bola di kakinya itu bisa menghujam namun tidak membentur pagar betis lawan. Ia telah mencetak 78 gol dari 559 penampilan sepanjang karirnya.

5. Stuart Pearce

Mantan pemain Manchester City ini termasuk salah satu eksekutor. Sebanyak 83 gol telah ia buat, menjadikan pria 47 tahun itu terkenal sebagai pengeksekusi tendangan bebas pada final Piala FA 1991.

Bagaimanpun juga, ia pernah gagal ketika menjadi algojo penalti pada semifinal Piala Dunia 1990. Tapi enam tahun berikutnya, ia sukses menjalani tugasnya di depan 12 pas pada Euro 96.

6. David Unsworth

Mantan pemain yang lebih banyak membela klub asal Inggris ini juga diplot sebagai salah satu bek pencetak gol terbanyak. Gol Unsworth lebih banyak di kotak 12 pas. Selain itu, pemain 35 tahun ini pernah menyelamatkan Wigan Athletic terdegradasi dari Premier League 2007 lalu melalui golnya.

7. Ian Harte

Pemain asal Irlandia ini tampil gemilang bersama Leeds United. Tercatat selama 213 tampil, ia sukses membukukan gol sebanyak 28 kali. Salah satu gol itu membuat Leeds mencapai semifinal Liga Champions. Bek yang kini membela Carlisle United itu identik dengan kaki kirinya yang kuat.

8. Mariano Pernia

Bek yang kini membela Atletico Madrid itu sempat menjadi pencetak gol terbanyak La Liga musim 2005-2006 ketika membela Getafe. Pemain bertahan yang beroperasi di daerah kiri itu lahir di Buenos Aires, Argentina.

Tapi melalui proses naturalisasi, ia akhirnya membela Spanyol dan telah membukukan satu gol dari 11 penampilannya bersama Timnas El Matador.

9. John Terry

Kapten Chelsea ini dikenal sebagai bek yang ditakuti saat berdiri di kotak penalti. Pasalnya, ia sering maju menyambut tendangan bebas dan corner.

Selain itu, Terry juga menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah bek Chelsea. Tercatat bersama The Blues, ia telah mengemas 17 gol dari 278 pertandingan. Begitu juga bersama timnas, pemain 28 tahun ini telah menyumbang enam gol dari 54 laga.

10. Roy Steward

Nama panggilannya Tonka, diambil dari mainan Tonka yang dikenal sulit ditundukkan. Pria asal Skotlandia itu sering mengambil tempat saat tendangan penalti. Bersama West Ham United, ia telah menorehkan 62 gol dari 345 pertandingan.

No comments:

Post a Comment