Monday, October 12, 2009

Inggris Dipermalukan Ukraina, Capello Ogah Salahkan Ferdinand

Tempo
Tempo - Minggu, Oktober 11

TEMPO Interaktif , Dnipropetrovsk:Arsitek tim nasional Inggris Fabio Capello menegaskan pihaknya tidak akan menyalahkan bek Manchester United Rio Ferdinand sebagai biang keladi kelalahan 10 pemain Inggris 0-1 dari Ukraina dalam laga Kualiafikasi Piala Dunia 2010 Grup 6 di Stadion Dnipro, Minggu (11/10). Gelandang Ukraina, Serhiy Nazarenko menghapus rekor sempurna kemenangan Inggris setelah mencetak golnya pada menit ke-29. Titik tolak permainan yang sempat diganggu pelemparan kembang api ke lapangan oleh suporter Ukraina, datang ketika Ferdinand salah dalam mempertimbangkan yang membuat kiper Manchester United Ben Foster diusir keluar wsil Sloevenia, Damir Skomnia. Insiden ini membuat stopper berusia 26 tahun itu sebagai kiper pertama Inggris yang diusir keluar pada ajang akbar sepak bola.

Sebaliknya, Ukraina membuang peluang untuk mencetak gol ketika Andri Shevchenko gagal menjadi eksekutor penalti pada menit ke-16. Namun, performa pasukan Capello tidak juga bangkit yang membuat tuan rumah terus menggeodr pertahanan juara PD 1966 dengan keunggulan satu pemain.

Ferdinand bukan kali pertama melakukan blunder ketika tampil dengan Inggris. Kakak dari bek Sunderland, Anton Ferdinand itu sempat melakukan kesalahan fatal ketika timnya bermain imbang dengan Belanda pada laga persahabatan, Agustus lalu.

Namun, Capello justru menyalahkan kepemimpinan wasit Skomina daripada menyalahkan Ferdinand, yang belum menunjukkan performa terbaiknya di Old Trafford setelah dibekap cedera pada awal musim Liga Primer Inggris.

»Ferdinand membuat satu kesalahan, itu saja, dan itu penalti yang dilakukan Sheva. Biasanya saya tidak biasa mengomentari kepemimpinan wasit. Saat ini saya berubah pikiran. Wasit Skomina telah melakukan kesalahan besar,” kecam Capello.

Capello menganggap Ferdinand tidak melakukan kesalahan. »Rio tengah berlari dan kiper Rusia Andrei Pyatov melakukan diving. Saya memerlukan penjelasan di mana letak kesalahan Ferdinand,” tegas Don Fabio.

»Saya telah berbicara dengan ofisial keempat kemudian wasit Skomina memberi Ferdinand kartu merah. Menurut ofisial keempat ia akan berbicara dengan Skomina bahwa bukan Ferdinand yang melakukan kesalahan.”

Kemenangan Ukraina, di lain pihak ditanggapi pelatih Alexiy Mikhailychenko dengan bungah. Ia bangga timnya bisa mengalahkan Inggris untuk pertama kalinya.

Menang, Ukraina naik ke posisi 2 di atas Kroasia dan kemenangan dari Andorra, Rabu nanti, akan menjamin tim merebut tempat playoff. »Saya sangat senang dengan kemenangan ini. Kami masih mempunyai sisa satu pertandingan untuk dimenangkan namun kami harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin,” bungah Mikhailychenko.

No comments:

Post a Comment