Wednesday, October 28, 2009

NASA Siap Luncurkan Roket Terbesar di Dunia

VIVAnews
By Umi Kalsum, Harriska Farida Adiati - Rabu, Oktober 28

VIVAnews - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) bersiap meluncurkan roket terbesar di dunia, Selasa 27 Oktober 2009. Roket sepanjang 327 kaki dan diberi nama Ares I-X tersebut akan diluncurkan pada pukul 8 pagi waktu setempat dari Kennedy Space Center di Florida.

Roket itu akan membantu NASA dalam mengumpulkan informasi untuk misi masa depan, menerbangkan astronot ke Bulan. Meski demikian, bila cuaca tidak memungkinkan, peluncuran bisa ditunda dan akan dilakukan Rabu besok.

"Ares I-X akan membawa NASA satu langkah lebih maju dalam mencapai tujuan eksplorasi angkasa luar, yakni kembali ke bulan," kata NASA dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari laman stasiun televisi CNN. Peluncuran yang disebut NASA sebagai uji coba tersebut merupakan salah satu dari empat peluncuran uji coba Ares I-X yang akan berlangsung hingga 2012.

NASA berharap roket tersebut pada akhirnya akan menggantikan pesawat angkasa luar yang sudah tua, sekaligus melaksanakan perjalanan ke Bulan dan Planet Mars. Para ilmuwan NASA telah mengatakan bahwa perjalanan ke Bulan belum bisa terjadi sebelum tahun 2015.

Peluncuran roket hari ini dilakukan di tengah waktu kritis, yakni saat NASA sedang menunggu Presiden Barack Obama dalam memutuskan anggaran berikutnya untuk NASA. Sebuah komite independen yang memeriksa prospek masa depan NASA baru-baru ini melaporkan bahwa program angkasa luar AS tampaknya akan mencapai tujuan dengan melampaui anggaran saat ini.

Komite juga merekomendasikan kepada Gedung Putih bahwa pembiayaan bagi stasiun angkasa luar internasional yang sedang diperbaiki sebaiknya diperbesar hingga 2020.

No comments:

Post a Comment