Friday, September 18, 2009

Maradona Diusulkan Agar Diganti Guardiola

VIVAnews
By Edwan Ruriansyah, Zika Zakiya - Kamis, September 17

VIVAnews - Sekumpulan presiden klub di Argentina tengah menggalang kampanye untuk menjadikan Pelatih Barcelona, Pep Guardiola sebagai pelatih timnas Argentina. Guardiola dinilai sebagai sosok ideal menggantikan Diego Maradona.

Kampanye itu disebut "Project Guardiola 2010." Salah satu alasan penggantian itu adalah sudah terbiasanya Guardiola dengan pemain bintang Albiceleste, Lionel Messi.

"Argentina punya berlian yang masih kasar, dan itulah Messi. Dan tak ada satu pun kaum profesional nasional yang bisa mengeluarkan potensi terbaik darinya," ujar pernyataan media Spanyol, Marca, Kamis 17 September 2009.

"Kebalikan dari Guardiola di Barca. Messi bisa memenangi tiga gelar dalam waktu setahun," tambahnya.

Sampai saat ini, kampanye itu memang hanya bersifat wacana. Pasalnya, Maradona masih tercatat sebagai pelatih Albiceleste.

Usulan penggantian Si Tangan Tuhan mencuat setelah peluang Argentina lolos ke Piala Dunia 2010 menipis. Tim Tango kini hanya berada di posisi playoff kualifikasi zona Amerika Selatan dengan berada di peringkat 5 klasemen sementara.

Dalam pertandingan krusial melawan Paraguay, Messi dan kawan-kawan takluk 0-1. Ini membuat pertandingan berikutnya melawan Peru, 10 Oktober 2009, wajib mereka menangi. Bila tidak, maka Albiceleste bisa mengucap selamat tinggal kepada PD 2010 di Afrika Selatan.

Namun selain Guardiola, kumpulan presiden klub itu sepakat mencantumkan nama Sergio Batista. Ia adalah pelatih Argentina ketika memenangi medali emas di Olimpiade Beijing 2008.

"Sebagian besar orang tak mau dilatih orang asing (Guardiola dari Spanyol). Sayangnya, Batista tidak memiliki kualitas untuk memimpin timnas," ujar seorang presiden klub yang tak mau disebutkan namanya.

No comments:

Post a Comment