Monday, September 14, 2009

Pilih Kapten, Ferguson Coret Rooney

VIVAnews
By Toto Pribadi - Minggu, September 13

VIVAnews - Sir Alex Ferguson tak memungkiri Wayne Rooney menjadi pemain vitalnya musim ini. Tapi untuk urusan menyandang ban kapten, Fergie tak pernah memasukan nama Rooney.

Ya, Ferguson lebih memandang ban kapten lebih efektif dikenakan pemain gelandang atau bek Setan Merah. Ungkapan ini tentu membuat Rooney sedikit kecewa. Pasalnya, Rooney beberapa kali mengaku tertarik menjadi kapten Setan Merah.

Ferguson memang terbilang pelit memberikan status pemimpin buat seorang striker. Terakhir hanya Eric Cantona yang menyandang kapten dengan posisi sebagai penyerang di era 1990an.

"Sangat sulit seorang penyerang menjadi kapten," ujar manajer asal Skotlandia ini kepada The Sun, Sabtu 12 September 2009.

"Eric Cantona mendapatkan itu karena dia sangat punya pengaruh pada pemain muda dan mereka semua mengidolakannya," tambah Fergie.

"Tapi secara normal Anda harus memberikan posisi pada gelandang atau bek," pungkasnya.

Saat ini ban kapten dipegang Ryan Giggs setelah Gary Neville dihantam cedera. Dan rencana mundurnya Giggsy membuat Fergie harus menyiapkan pemain baru sebagai kapten tim. Nama terdepan adalah sosok Rio Ferdinand.

Rooney sendiri juga sadar keputusan Fergie tentu didasari pertimbangan banyak hal. Terlebih sisi liar Rooney yang sepenuhnya belum bisa hilang. Dan Fergie sendiri mengaku yakin Rooney akan menerima semua keputusan yang akan dibuatnya.

Meski bukan pemain murni hasil didikan Setan Merah, namun kiprah Rooney tetap dianggap vital. Mantan penyerang Everton ini telah mencetak 103 gol dalam 243 laga Red Devils sejak 2004 silam.

No comments:

Post a Comment