Thursday, September 10, 2009

Tak Pernah Kalah, Spanyol ke Putaran Final Piala Dunia 2010

Tempo
Tempo - Kamis, September 10

TEMPO Interaktif,Merida:Tim nasional Spanyol berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 setelah menekuk Estonia 3-0 pada laga kualifikasi Grup 5 di Stadion Santiago Bernabeu, Kamis (10/9).

Hasil ini melanjutkan rekor 100 persen kemenangan La Furia Roja di grup. Lolos armada Vicente del Bosque sekaligus keluar sebagai juara grup di mana masih mengantongi sisa dua pertandingan setelah merebut 8 kemenangan dari 8 laga.

»Ini adalah hari yang baik bahkan jika kami mungkin tidak bermain bagus ini cukup menjadi modal bagi kami untuk lolos ke babak final Piala Dunia 2010,” bungah Del Bosque.

Spanyol, kampiun Euro 2008 terlihat sulit untuk menembus pertahanan Estonia. Passing-passing pendek dari kaki ke kaki yang menjadi ciri khas tim seperti menghilang pada awal permainan. Sebaliknya, Estonia justru membuat beberapa peluang emas.

Peluang itu didapat gelandang Konstantin Vassijev yang berhasil lolos dari hadangan Gerrard Pique di sayap kiri pada menit ke-17, yang kemudian melancarkan tendangan silang namun gagal dimanfaatkan Tarmo Kink lewat sundulannya yang hanya membentur tiang gawang kiper Iker Casillas, sebelum Sergei Zenjov juga membuang peluang setelah mendapat passing cantik dari Andres Oper.

Peluang Spanyol baru tercipta pada menit ke-24 ketika tendangan David Villa dari operan Xavi Hernandez hanya menemui ruang kosong. Hal yang sama terjadi setelah Fernando Torres gagal mengantisipasi peluang emas yang tercipta satu menit berselang.

El Nino menjawab tuntas hal itu dengan menceploskan gol awal Spanyol pada menit ke-33 setelah menjebol gawang Kroasia yang dikawal kiper Sergei Pareiko. Gol itu tercipta setelah bintang Arsenal itu bekerjasama dengan David Silva.

Pemain pengganti Santiago Cazorla menambah keunggulan Matador menjadi 2-0 ketika melancarkan tendangannya dari jarak dekat ke gawang Pareiko. Pemain sayap Valencia, Juan Mata menutup kemenangan Spanyol pada menit ke-82 setelah tampil menggantikan Silva.

Mengetahui timnya menang dan lolos ke putaran final PD 2010, para pemain Spanyol sontak melakukan selebrasi liar. Teriakan-teriakan »Espana! Espana membahana di seantero Bernabeu.

»Kami berusaha untuk tampil terbaik namun Spanyol bermain lebih bagus dan itulah realitasnya. Ini akan menjadi kisah yang lain jika kami lolos ke Afrika Selatan. Akan ada tim-tim kuat yang akan saling berjibaku untuk menang dan Piala Dunia akan selalu melibatkan keberuntungan,” keluh pelaih Estonia, Tarmo Ruutli.

Hasil imbang 1-1 antara Bosnia dengan Turki pada laga lain Grup 5 cukup untuk mengantarkan Spanyol ke putaran final PD 2010 dan diikuti dengan kemenangan 5-0 dari Belgia pekan lalu.

No comments:

Post a Comment