Wednesday, September 16, 2009

Xavi: Eropa Atau Afrika, Juara Piala Dunia

VIVAnews
By Edwan Ruriansyah, Jufri - Selasa, September 15

VIVAnews - Merunut performa beberapa negara yang tampil di kualifikasi Piala Dunia 2010, Xavi Hernandez mulai memprediksi kandidat juara. Menurutnya, Spanyol, Inggris atau Pantai Gading akan merengkuh trofi FIFA itu.

Spanyol memastikan sebagai salah satu negara yang terbang ke Afrika Selatan. Begitu juga Inggris.

The Three Lions ikut berkompetisi di Afsel setelah menekuk Kroasia 5-1. Pantai Gading tak ketinggalan, negara Afrika itu ringan melenggang ke Afsel.

"Generasi kami (timnas Spanyol) bagus. Kami sudah lolos kualifikasi ke Afsel dan akan mendapatkan pengalaman bermain di sana," ungkap Xavi ketika diwawancara Reuters.

"Kami akan menjadi The Winning Team. Persaingan di sana sungguh keras dengan laga-laga kelas dunia. Dan kami punya peluang besar untuk menlanjuutkan kebahagiaan kami," lanjut playmaker Barcelona dan Spanyol ini.

Setelah berbicara tentang negaranya, kini Xavi menyoroti Inggris. Anak asuh Fabio Capello itu menurut Xavi akan menjadi salah satu saingan terberat.

Selain itu, ia juga memuji kemampuan individua pemain seperti Frank Lampard, Steven Gerrard dan Wayne Rooney. Menurutnya, mereka selalu tampil hebat di lapangan. Tidak ketinggalan, Xavi juga memuji bek-bek andalan klub Inggris seperti John Terry dan Rio Ferdinand.

Xavi juga mengakui meski negaranya sukses menjuarai Euro 2008, namun ia sungguh menyayangkan Inggris tidak tampil di ajang empat tahunan itu. Dan menurutnya, Inggris sudah tidak sabar lagi tampil di pentas internasional.

"Sebuah kehilangan besar, Inggris absen di Euro 2008. Saya berharap mereka mulai gatal untuk menunjukkan kapasitas mereka sebagai calon juara Piala Dunia 2010," tambah pemain 29 tahun itu.

Sesaat membicarakan negaranya dan Inggris, Xavi seperti terkesima dengan permainan Pantai Gading. Menurutnya, Drogba cs bisa menjadi ancaman di Afsel karena mereka selalu tampil ciamik.

"Kita mungkin akan melihat kejutan saat ini dari negara Afrika seperti Pantai gading," ia menambahkan.

"Mereka sepertinya sangat kuat saat ini," tutup Xavi.

No comments:

Post a Comment