Wednesday, September 2, 2009

Piala Dunia Tahun Depan, Hotel Telah Penuh Dipesan

Tempo
Tempo - Selasa, September 1

TEMPO Interaktif, Jakarta - Penonton sepakbola Piala Dunia 2010 tahun depan, di Johannesburg, Afrika Selatan, mungkin harus menempuh 17 jam dari tempat penginapannya menuju stadion pertandingan. Ini gara-gara hampir semua penginapan dan hotel terdekat dengan stadion telah habis dipesan sejak sekarang. Hotel tersisa tinggal yang berada 17 jam dari pusat kota.

Badan sepakbola sedunia FIFA baru saja merilis pernyataan bahwa akomodasi merupakan salah masalah penting yang belum teratasi dalam menghadapi Piala Dunia pada Juni 2010 di Afrika Selatan.

Meskipun bos pihak panitia setempat, Danny Jordaan, telah mengatakan bahwa problem itu telah terselesaikan, kini tersedia 15.000 kamar baru, tetapi masalah penginapan menjadi fokus perhatian FIFA, karena harga sewa kamar hotel telah meningkat gila-gilaan sejak sekarang.

Harga kamar hotel dan guest house telah meningkat lima kali lipat dari harga normal. Menurut para agen perjalanan, hotel-hotel dikota telah dipesan para tim peserta, ofisial, sponsor, dan biro-biro kantor berita besar. Hotel tersisa tinggal yang berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat kota.

Pemerintah Afrika Selatan sendiri memang merencanakan untuk memanfaatkan event ini untuk promosi pariwisata negara tersebut. Sehingga banyak villa yang dibangun di daerah pantai dan tempat-tempat wisata.

No comments:

Post a Comment